Makalah analisa sistem informasi manajemen caffe bsi semester 3


MAKALAH
DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
“Analisa Sistem Informasi Manajemen lantaidua.coffe”

Dosen Pembimbing :
Dani Chandra Utama
Disusun Oleh :
1.    Abdul Azis Zaelani (12170305)
2.    Agung Trisyahar (12170863)
3.    Dadi Sumiadi (12170736)
4.    Muhammad Abdul Azis (12170659)
5.    Suhada Ramdani (12170431)
6.    Ramdhan Faturahman (12170623)

UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA
SISEM INFORMASI
Jl.  Merdeka No. 168 Bogor
2018





KATA PENGANTAR

Puji syukur  kita panjatkan kehadirat Allah Swt, karna atas hidayah serta taufik-Nya yang mana telah melimpahkan kesehatan akal dan pikiran sehingga dapat menyelesaikan laporan ini dengan tepat dan juga saya berterima kasih pada selaku dosen mata kuliah yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
Saya sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan mengenai mata kuliah Sistem Informasi Manajemen, dan juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, saya berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah saya buat di masa yang akan datang, mengingat tidak sesuatu yang tanpa saran yang membangun.
Semoga makalah sederhana ini dapat di pahami bagi yang membacanya, sekiranya laporan yang telah di susun ini dapat berguna bagi kami maupun orang yang membacanya, sebelumnya saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang berkenan dan saya memohon kritik dan saran yang membangun dari semua demi perbaikan makalah ini di waktu yang akan datang.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi kami dan juga bermanfaat bagi yang membacanya kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih.

Bogor, November 2018

Penyusun.



DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR………….………………………………………..…...........................................i
DAFTAR ISI…………………………………………………………….…….....................................ii
BAB I PENDAHULUAN……….......……………………………………..........................................1
1.1       Latar Belakang……….....………………………….…...…...........................................1
1.2       Tujuan Penulisan……....…………………………..……...............................................1
1.3       Manfaat Penulisan…………………………….….............................................……….1
BAB II LANDASAN TEORI…..………………………………...………..........................................2
2.1       Pegertian Sistem Informasi Manajemen…....….............................................................2
2.2       Fungsi dan Manfaat Sisitem Informasi Manajemen.......................................................4
2.3       Sistem Informasi SDM……………...…………...……….............................................4
2.4       Sistem Informasi Keuangan……..……………………..................................................5
2.5       Sistem Informasi Pemasaran....…………………….......................................................5
BAB III PEMBAHASAN……………..………………………………...............................................6
3.1       Tinjauan Perusahaan…………....…………..………….................................................6
3.2       Prosedur Sistem Berjalan…………..…...……………...................................................7
3.3 Analisa Siste Informasi Manajemen Lantaidua.coffe….......................................................8
3.4       Permasalahan…..…………....………………….............................................………..10
BAB IV PENUTUP…………………...……………………….............................................……….11
4.1       Kesimpulan………………………...…………………….............................................11
4.2       Saran………………......……………………………………........................................11
4.3       Lampiran………………….………………………………..........................................12
DAFTAR PUSTAKA...........................................................................................................................14




BAB I PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
Dalam sebuah oraganisasi ataupun kelompok diperlukannya informasi, sebelum terjadinya informasi diperlukan juga sistem dan manejemen, karena informasi merupakan suatu bentuk kebutuhan primer. Informasi yang tersistem akan dapat muda.h dipahimi karena informasi adalah sekumpulan data yang terkumpul dan disampaikan ysng nantinya akan dikembangkan ataupun dipertimbangkan apabila sekumpulan data tadi tidak sesuai fakta ataupun kriteria dan tujuan perusahaan.
Sebuah perusahaan sangatlah penting mengetahui peranan sistem informasi manajemen karena yang nantinya dapat mempermudah terutama dalam pengambillan keputusan. Oleh karena itu konsepsi utama yang diperlukan perusahan dalam sistem informasi manajemen adalah bagaimana mengolah seberapa pentingnya informasi agar menjadi alat bantu manajer untuk pengambilan keputusan.
Peran sistem informasi dapat mudah dirasakan organisasi ataupun perusahaan apabila kebutuhan untuk mengumpulkan data dan informsi secara sekala dan dalam waktu cepat dapat lebih mudah dirasakan. Dalam pengimplementasiannya suatu oraganisasi ataupun perusahaan perlu mempertimbangkan kepentingan penggunaan sistem informasi ini diantaranya berdasarkan skala perusahaan, jumlah tenaga kerja, serta pola komunikasi jaringan perusahaan dalam dunia bisnis dalam lingkungannya.
1.2       Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penyusunan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Informasi Manajemen dan juga agar kami memahami pentingnya sistem informasi manajemen dalam sebuah perusahaan. Walaupun tugas hanyalah objek untuk sebuah penilaian dalam sebuah intansi ataupun lembaga dan bukan pola ukur untuk sebuah ilmu yang didapat.
1.3       Manfaat Penulisan
Untuk digunakan pengembangan ilmu pengetahuan dalam sebuah perusahaan, serta menambah wawasan tentang manfaat sitem informasi manajemen. Dan melalu makalah ini kami dapat memahami nilai dasar pengertian sisitem informasi. Laporan ini juga semoga menjadi masukan bagi pembaca.


BAB II LANDASAN TEORI

2.1       Pengertian Sistem Informasi Manajemen
Sebelum mendefinisikan sistem informasi manajemen dalam konteks keseluruhan adapun pendefinisian sistem, informasi dan manajemen. Yang pertama sistem adalah aturan-aturan dalam sebuah kelompok atau oraganisasi guna terapainya tujuan. Adapun sistem menurut para ahli, Robert G. Murdick menyatan bahwa sistem dapat dijelaskan dengan sederhana sebagai seperangkat elemen yang digabungkan satu dengan yang lainnya untuk suatu tujuan bersama.[1]
Kedua informasi adalah sekumpulan data yang diolah dan disampaikan menjadi fakta. Dalam sebuah pemasaran data yang dikumpulkan dan disajikan terutama bagi perusahaan tentunya mempengaruhi sudut pandang konsumen, kata lain penyajian data yang diterima harus sesuai dengan kebenarannya. Robert G. Murdick menyatakan bahwa informasi terdiri data yang telah diambil kembali, diolah, atau sebaliknya digunakan untuk tujuan informatif atau kesimpulan, argumentasi, atau sebagai dasar untuk peramalan atau pengambilan keputusan.[2]
Ketiga manajemen adalah sekelompok orang yang membuat aturan-aturan atau menjalankan aturan dalam sebuah oraganisasi atau perusahaan, aturan tersebut lalu disesuainkan melalui struktural demi tercapainya tujuan. Manajemen dengan struktur perorganisasian diperlukan untuk keberlansungan tujuan oraganisasi atau perusahaan. Karena manajemen yang baik adalah manajemen yang struktur perorganisasiannya yang baik pula. Arti lain penempatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien yang menjadi tolak ukur keberhasilan tujuan.  Andrew F. Sikula mengemukakan bahwa manajemen pada umumnya dikaitkan dengan aktifitas perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh setiap oleh oraganisasi dengan tujuan untuk mengkoordinasikan berbagai sumber daya yang dimiliki perusahaan sehingga akan menghasilkan suatu produk atau jasa secara efisien.[3]
Dengan demikian persepsi para ahli diatas mengenai rician dari sistem informasi manajemen menunjukan bahwa sistem informasi manajemen sangatlah penting bagi organisasi atau perusahaan. Sebab adanya sistem informasi manajemen kita dapat mengendalikan sebuah organisasi atau perusahaan dengan effektif dan efisien, informatif dan juga dapat mengasilkan keberhasilan tujuan.
Sistem informasi manajemen menurut para ahli:
Joyanto Hartono menyatakan adalah kumpulan dari interaksi sisem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan data informasi yang berguna untuk semua tingakatan manajeen didalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.[4]
Danu Wira Pangestu mendifinisikan sebagai kumpulan dari interaksi sisitem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen didalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.[5]
Gordon. B. Davis menyatakan sistem informasi manajemen adaalah sebuah sistem yang terintegrasi antara manusia dan mensin yang mampu memberikan informasi sedemikian rupa untuk menunjang jalannya operasi, jalannya manajemen dan fungsi pengambilan keputusan didalam sebuah oraganisasi.[6]
Dari pendefinisian diatas kemiripan persepsi dari para ahli tentang sistem informasi manajemen adalah bentuk penyusunan atau pengolahan data yang membantu berjalannya tujuan agar manajer dapat mempermudah pengambilan keputusan dalam perencanaan dan penemptan summber daya yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan.

2.2       Fungsi dan Manfaat Sistem Informasi Mananjemen
2.2.1        Planning (Perencanaan)
Formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karena itu, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan. Planning telah dipertimbangkan sebagai fungsi utama manajemen dan meliputi segala sesuatu yang manajer kerjakan.

2.2.2        Organizing (Mengatu r)
Organizing adalah proses dalalm memastikan kebutuhan manusia dan fisik setiap daya tersedia untuk menjalankan rencana dan menapai tujuan yang berhubungan dengan organisasi. Organiizing juga meliputi penugasan setiap aktifitas, membagi pekerjaan ke dalam setiap tugas yang spesifik, dan menentuksn siapa yang memiliki hal untuk mengerjakan beberapa tugas.

2.2.3        Actuating (Menggerakkan)
Perrencanaan dan pengorganisasian yang baik kurang berarti bila tidak diikuti dengan pelaksanaan kerja. Untuk itu maka dibutuhkan kerja keras, kerja cerdas dan kerjasama. Semua sumber daya manusia manusia yang adda harus dioptimalkan untuk mencapai visi, misi dan program program kerja organisasi. Pelaksanaan kerja harus sejalan dengan rencana kerja yang telah disusun. Kecuali memang ada hal-hal khusus sehingga dilakukan penyesuaian.

2.2.4    Controlling (Pengendalian)
Perencanaan hanyalah setengah dari petempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan renana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memoniitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan.

2.3       Sistem Informasi SDM
Definisi Sistem Informasi SDM Sistem yang digunakan dalam mengelola  personil yang ada didalam perusahaan. Fungsi SDM, SDM merupakan departemen atau divisi di  dalam organisasi yang bertanggungjawab atas banyak kegiatan yang  berhubungan dengan SDM.

2.4       Sistem Informasi Keuangan
Sistem Informasi Keuangan merupakan suatu subsistem dari CBIS yang memberikan informasi kepada orang atau kelompok baik di dalam maupun di luar perusahaan mengenai masalah keuangan perusahaan.

2.5       Manajemen Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan perorangan dan organisasi  yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan, pendistribusian, promosi dan penentuan harga barang, jasa dan gagasan.


BAB III PEMBAHASAN

3.1       Tinjauan Perusahaan
3.1.1        Beridirinya Perusahaan
Lantaidua.caffe ini berdiri sejak tanggal 10 November 2017. Sebelumnya berdiri calypso di Jl. Sindang barang loji dan Kapilla Caffe di Jl. Raya cibadak ciampea. Lantaidua.caffe ini cabang ketiga dari perusahaan caffe tersebut.
3.1.2        Visi dan Misi Perusahaan
3.1.2.1             Membuat banyak orang lebih tau tentang varian rasa kopi
3.1.2.2              Mempermudah jangkauan customer untuk tempat nongkrong
3.1.3    Struktur Organisasi




3.1.4    Tugas dan Tanggung Jawab Struktur Organisasi
3.1.4.1 Owner
Menerima dan mengesahkan laporan keungan
3.1.4.2  Barista
Membuat dan mencari varian menu baru.
3.1.4.3  Marketing
Memanage Keuangan.
3.1.4.4  Kitchen
Membuat pesanan yang dipesan oleh costamer dan mengecek kehigienisan.
3.1.4.5 Waiter
Melayani dan menjaga kebersihan outlet

3.2              Prosedur Sistem berjalan
3.2.1        Manajemen Perusahaan
3.2.1.1  Mengebangkan Teknologi
Dalam memberikan untuk kenyamanan pelanggan lantaidua.caffe ini dimana fasilitas outlet menyediakan : AC, televisi, stop kontak, sound music, ruangan merokok.
3.2.1.2 Pelatihan
Pealtihan untuk karyawan, barista dan kasir agar dapat menghasilkan tenaga yag mahir, handal dan berpengalaman dan pelatihan dari kitchen, kitchen waiater barista agar bisa menguasai dari semua pembagian tugas, guna memastikan terwujudnya kenyamanan bagi pengunjung dan pelanggan lantaidua.coffe.
3.2.1.3 Memberikan Pelayanan Terbaik
Pelayanan yang baik untuk pelanggan Outlet yaitu pelayanan prima serta penampilan menarik dan tidak luput dari ikap rama tamah dan sopan keepada semua pelanggan yang datang.
3.2.1.4  Kemampuan Manajerial dan Permasaran
Tanpa pelayanan yang baik dan profesionalisme kerja dari staffnya, prosedur dan pelaksanaanya tidak akan mungkin dapat memenuhi keinginan pelanggan. Untuk itu lantaidua.coffe selalu menjaga kekompakan semisal hari jumat berpakaian batik dan pelaggan yang menggunakan batik akan mendapat diskon 15% dari all menu dan hari sabtu bagi pengunjung wanita dikenakan diskon 15% all menu.

3.3       Analisa Sistem Informasi Manajemen Penjualan Lantaidua.coffe
3.3.1    Komponen
    Costumer, Kasir, Barista, Owner.

3.3.2        Lingkungan Luar
     Pelanggan dan Teman.

3.3.3        Jalinan
     3.3.3.1 Pelanggan ke Kasir
Memesan makanan atau minuman serta melakukan pebayaran (tunai dan non tunai).
          3.3.3.1.1 Mendapatkan bill attau struk           pembelian.

          3.3.3.2 Kasir ke Barista
          Mendelegasikan pesanan ke barista yang dipessan oleh pelanggan.

        3.3.3.3  Barista di Bar
        Membuat makanan atau minuman yang dipesan oleh pelanggan.

       3.3.3.4  Barista ke Pelanggan
          Memberikan pesanan yang telah siap dan diletakkan di meja costumer.

        3.3.3.5  Pelanggan di Outlet
                Menikmati makanan atau minuman yang dipesan atau bisa dibawa pulang               dan bisa ngobrol tentang kopi dengan barista jika outlet sedang tidak banyak pesanan atau pengunjung.

3.3.3.6  Proses
   3.3.3.6.1        Pelanggan datang, memesan makanan atau minuman di kasir, menentukan pesanan apakah ingin makan di tempat atau dibawa pulang
   3.3.3.6.2        Kasir mmendelegasikan kepada barista untuk membuat pesanan pelanggan.
   3.3.3.6.3        Setelah barista atau kitchen meyelesaika pesanan lalu membawa pesanan ke meja pelanggan.
    3.3.3.6.4        Pelanggan dapat menikmati pesanan di outlet atau dibawa pulang.

3.3.3.7  Keluaran
Struk pembelian (makanan atau minuman).

3.3.3.8  Tujuan
Untuk memudahkan dalam memesan menu yang tersedia saat proses pemesanan atau pembayaran.

3.3.4    Fasislitas outlet
3.3.4.1  Meja dan Kursi
3.3.4.2  Stopkontak
3.3.4.3  Free Wifi
3.3.4.4  Full AC
3.3.4.5  Kipas
3.3.4.6  Televisi
3.3.4.7  Sound Music
3.3.4.8  Smooking Area
3.3.4.9  Non Smooking Area
3.3.4.10  Buku Baca

3.4              Permasalahan
 3.4.1  Dari marketing bagaimana cara membuat promosi agar lebih menarik.
 3.4.3      Tempat yang masih barru dan belu banyak orag tau.
 3.4.3    Kendala dari mesin kasih
 3.4.4    Wifi terkadang error


BAB IV PENUTUP

4.1       Kesimpulan
Pada sistem informasi manajemen sangat dibutuhkan, karena pada dasarnya sistem yang terkomunikasi dan termanajemen akan menghasilkan sebuah tujuan yang akan dicapai oleh sebuah organisasi atau perusahaan. Dimana dalam sebuah perusahaan sangat membutuhkan sistem informasi manajemen yaitu untuk memenuhi kebutuhan perusahaan atau pun mememnuhi kebutuhan costumer. Dari kebutuhan ini terdapat sumber daya manusianya dalam anggotanya. Artinya dari sumber daya ini perusahaan dapat menetapkan sumber daya manusianya di peprusahaan tersebut sesuai dengan kemampuan.
Sistem informasi manajemen (SIM) adalah suatu system manusia dan mesin yang terpadu yang menyediakan informasi untuk mendukung fungsi-fungsi operasi manajemen da pengambilan keputusan di dalalm organisasi. Sistem informasi manajemen digambarkan sebagai sebuah bangunan piramida dimana lapisan dasarnya teridiri dari informasi, penjelasan transaksi, penjelasan status, dan sebagainya. Lapisan berikutnya terdiri dari sumber-sumber informasi dalam mendukung operasi manajemen sehari-hari. Lapisan selanjutya terdiri dari suber daya informasi untuk membantu perencanaan taktis dan pengsmbilan keputusan untuk pengendalian manajemen. Lapisan puncak terdiri dari suber daya informasi untuk mendukung perrencanaan dan perumusahan kebijakan oleh tingkat manajemen.

4.2       Saran
Pembuatan makalah ini sangat jauh dari ksempurna, karena keterbatan sumber yang kami proleh. Sehingga  isi dari makalah ini masih bersifat umum, oleh karena itu kami harapkan agar pembaca bisa mencari sumber yang lain guna membandingkan dengan pembahasan yang kami buat, guna mengoreksi bila terjadi kesalahan atau kekeliruan dalam pembuatalan makalah ini.
           

4.3       Lampiran
           

        


DAFTAR PUSTAKA


Modul BSI sistem informasi manajemen

Komentar

Postingan populer dari blog ini