Makalah analisa sistem informasi manajemen caffe bsi semester 3
MAKALAH
DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
“Analisa Sistem Informasi Manajemen
lantaidua.coffe”
Dosen Pembimbing :
Dani Chandra Utama
Disusun Oleh :
1. Abdul Azis Zaelani (12170305)
2. Agung Trisyahar (12170863)
3. Dadi Sumiadi (12170736)
4. Muhammad Abdul Azis (12170659)
5. Suhada Ramdani (12170431)
6. Ramdhan Faturahman (12170623)
1. Abdul Azis Zaelani (12170305)
2. Agung Trisyahar (12170863)
3. Dadi Sumiadi (12170736)
4. Muhammad Abdul Azis (12170659)
5. Suhada Ramdani (12170431)
6. Ramdhan Faturahman (12170623)
UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA
SISEM INFORMASI
Jl. Merdeka No. 168 Bogor
2018
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kita panjatkan kehadirat Allah
Swt, karna atas hidayah serta taufik-Nya yang mana telah melimpahkan kesehatan
akal dan pikiran sehingga dapat menyelesaikan laporan ini dengan tepat dan juga
saya berterima kasih pada selaku dosen mata kuliah yang telah memberikan tugas
ini kepada kami.
Saya
sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta
pengetahuan mengenai mata kuliah Sistem Informasi Manajemen, dan juga menyadari
sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata
sempurna. Oleh sebab itu, saya berharap adanya kritik, saran dan usulan demi
perbaikan makalah yang telah saya buat di masa yang akan datang, mengingat
tidak sesuatu yang tanpa saran yang membangun.
Semoga
makalah sederhana ini dapat di pahami bagi yang membacanya, sekiranya laporan
yang telah di susun ini dapat berguna bagi kami maupun orang yang membacanya,
sebelumnya saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang berkenan
dan saya memohon kritik dan saran yang membangun dari semua demi perbaikan
makalah ini di waktu yang akan datang.
Demikian
yang dapat kami sampaikan, semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi kami dan
juga bermanfaat bagi yang membacanya kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih.
Bogor, November 2018
Penyusun.
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
KATA
PENGANTAR………….………………………………………..…...........................................i
DAFTAR
ISI…………………………………………………………….…….....................................ii
BAB I PENDAHULUAN……….......……………………………………..........................................1
1.1 Latar Belakang……….....………………………….…...…...........................................1
1.2 Tujuan Penulisan……....…………………………..……...............................................1
1.3 Manfaat Penulisan…………………………….….............................................……….1
BAB II LANDASAN TEORI…..………………………………...………..........................................2
2.1 Pegertian Sistem Informasi Manajemen…....….............................................................2
2.2 Fungsi dan Manfaat Sisitem Informasi Manajemen.......................................................4
2.3 Sistem Informasi SDM……………...…………...……….............................................4
2.4 Sistem Informasi Keuangan……..……………………..................................................5
2.5 Sistem Informasi Pemasaran....…………………….......................................................5
BAB III PEMBAHASAN……………..………………………………...............................................6
3.1 Tinjauan Perusahaan…………....…………..………….................................................6
3.2 Prosedur Sistem Berjalan…………..…...……………...................................................7
3.3 Analisa Siste Informasi Manajemen
Lantaidua.coffe….......................................................8
3.4 Permasalahan…..…………....………………….............................................………..10
BAB IV PENUTUP…………………...……………………….............................................……….11
4.1 Kesimpulan………………………...…………………….............................................11
4.2 Saran………………......……………………………………........................................11
4.3 Lampiran………………….………………………………..........................................12
DAFTAR PUSTAKA...........................................................................................................................14
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam sebuah oraganisasi ataupun kelompok
diperlukannya informasi, sebelum terjadinya informasi diperlukan juga sistem
dan manejemen, karena informasi merupakan suatu bentuk kebutuhan primer.
Informasi yang tersistem akan dapat muda.h dipahimi karena informasi adalah
sekumpulan data yang terkumpul dan disampaikan ysng nantinya akan dikembangkan
ataupun dipertimbangkan apabila sekumpulan data tadi tidak sesuai fakta ataupun
kriteria dan tujuan perusahaan.
Sebuah perusahaan sangatlah penting
mengetahui peranan sistem informasi manajemen karena yang nantinya dapat
mempermudah terutama dalam pengambillan keputusan. Oleh karena itu konsepsi
utama yang diperlukan perusahan dalam sistem informasi manajemen adalah
bagaimana mengolah seberapa pentingnya informasi agar menjadi alat bantu
manajer untuk pengambilan keputusan.
Peran sistem informasi dapat mudah
dirasakan organisasi ataupun perusahaan apabila kebutuhan untuk mengumpulkan
data dan informsi secara sekala dan dalam waktu cepat dapat lebih mudah
dirasakan. Dalam pengimplementasiannya suatu oraganisasi ataupun perusahaan
perlu mempertimbangkan kepentingan penggunaan sistem informasi ini diantaranya
berdasarkan skala perusahaan, jumlah tenaga kerja, serta pola komunikasi
jaringan perusahaan dalam dunia bisnis dalam lingkungannya.
1.2 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penyusunan makalah ini
adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Informasi Manajemen dan juga
agar kami memahami pentingnya sistem informasi manajemen dalam sebuah
perusahaan. Walaupun tugas hanyalah objek untuk sebuah penilaian dalam sebuah
intansi ataupun lembaga dan bukan pola ukur untuk sebuah ilmu yang didapat.
1.3 Manfaat Penulisan
Untuk digunakan pengembangan ilmu
pengetahuan dalam sebuah perusahaan, serta menambah wawasan tentang manfaat
sitem informasi manajemen. Dan melalu makalah ini kami dapat memahami nilai dasar
pengertian sisitem informasi. Laporan ini juga semoga menjadi masukan bagi
pembaca.
BAB II LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian Sistem Informasi Manajemen
Sebelum mendefinisikan sistem informasi
manajemen dalam konteks keseluruhan adapun pendefinisian sistem, informasi dan
manajemen. Yang pertama sistem adalah aturan-aturan dalam sebuah kelompok atau
oraganisasi guna terapainya tujuan. Adapun sistem menurut para ahli, Robert G.
Murdick menyatan bahwa sistem dapat dijelaskan dengan sederhana sebagai
seperangkat elemen yang digabungkan satu dengan yang lainnya untuk suatu tujuan
bersama.[1]
Kedua informasi adalah sekumpulan data
yang diolah dan disampaikan menjadi fakta. Dalam sebuah pemasaran data yang
dikumpulkan dan disajikan terutama bagi perusahaan tentunya mempengaruhi sudut
pandang konsumen, kata lain penyajian data yang diterima harus sesuai dengan
kebenarannya. Robert G. Murdick menyatakan bahwa informasi terdiri data yang
telah diambil kembali, diolah, atau sebaliknya digunakan untuk tujuan
informatif atau kesimpulan, argumentasi, atau sebagai dasar untuk peramalan
atau pengambilan keputusan.[2]
Ketiga manajemen adalah sekelompok orang
yang membuat aturan-aturan atau menjalankan aturan dalam sebuah oraganisasi
atau perusahaan, aturan tersebut lalu disesuainkan melalui struktural demi
tercapainya tujuan. Manajemen dengan struktur perorganisasian diperlukan untuk
keberlansungan tujuan oraganisasi atau perusahaan. Karena manajemen yang baik
adalah manajemen yang struktur perorganisasiannya yang baik pula. Arti lain
penempatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan
efisien yang menjadi tolak ukur keberhasilan tujuan. Andrew F. Sikula mengemukakan bahwa manajemen
pada umumnya dikaitkan dengan aktifitas perencanaan, pengorganisasian,
pengendalian, dan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh setiap oleh
oraganisasi dengan tujuan untuk mengkoordinasikan berbagai sumber daya yang dimiliki
perusahaan sehingga akan menghasilkan suatu produk atau jasa secara efisien.[3]
Dengan demikian persepsi para ahli diatas
mengenai rician dari sistem informasi manajemen menunjukan bahwa sistem
informasi manajemen sangatlah penting bagi organisasi atau perusahaan. Sebab
adanya sistem informasi manajemen kita dapat mengendalikan sebuah organisasi
atau perusahaan dengan effektif dan efisien, informatif dan juga dapat
mengasilkan keberhasilan tujuan.
Sistem informasi manajemen menurut para
ahli:
Joyanto Hartono menyatakan adalah kumpulan
dari interaksi sisem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan
mengolah data untuk menyediakan data informasi yang berguna untuk semua
tingakatan manajeen didalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.[4]
Danu Wira Pangestu mendifinisikan sebagai
kumpulan dari interaksi sisitem-sistem informasi yang bertanggung jawab
mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan informasi yang berguna untuk
semua tingkatan manajemen didalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.[5]
Gordon. B. Davis menyatakan sistem
informasi manajemen adaalah sebuah sistem yang terintegrasi antara manusia dan
mensin yang mampu memberikan informasi sedemikian rupa untuk menunjang jalannya
operasi, jalannya manajemen dan fungsi pengambilan keputusan didalam sebuah
oraganisasi.[6]
Dari pendefinisian diatas kemiripan
persepsi dari para ahli tentang sistem informasi manajemen adalah bentuk penyusunan
atau pengolahan data yang membantu berjalannya tujuan agar manajer dapat
mempermudah pengambilan keputusan dalam perencanaan dan penemptan summber daya yang
dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan.
2.2 Fungsi
dan Manfaat Sistem Informasi Mananjemen
2.2.1
Planning (Perencanaan)
Formulasi terinci untuk mencapai suatu
tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh
karena itu, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode
untuk mencapai tujuan. Planning telah dipertimbangkan sebagai fungsi utama
manajemen dan meliputi segala sesuatu yang manajer kerjakan.
2.2.2
Organizing (Mengatu r)
Organizing adalah proses dalalm memastikan
kebutuhan manusia dan fisik setiap daya tersedia untuk menjalankan rencana dan
menapai tujuan yang berhubungan dengan organisasi. Organiizing juga meliputi
penugasan setiap aktifitas, membagi pekerjaan ke dalam setiap tugas yang
spesifik, dan menentuksn siapa yang memiliki hal untuk mengerjakan beberapa
tugas.
2.2.3
Actuating (Menggerakkan)
Perrencanaan dan
pengorganisasian yang baik kurang berarti bila tidak diikuti dengan pelaksanaan
kerja. Untuk itu maka dibutuhkan kerja keras, kerja cerdas dan kerjasama. Semua
sumber daya manusia manusia yang adda harus dioptimalkan untuk mencapai visi,
misi dan program program kerja organisasi. Pelaksanaan kerja harus sejalan
dengan rencana kerja yang telah disusun. Kecuali memang ada hal-hal khusus
sehingga dilakukan penyesuaian.
2.2.4 Controlling (Pengendalian)
Perencanaan hanyalah setengah dari
petempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus
diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya
untuk memastikan renana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas
manajerial untuk memoniitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif
sesuai kebutuhan.
2.3 Sistem Informasi SDM
Definisi Sistem Informasi SDM Sistem yang
digunakan dalam mengelola personil yang
ada didalam perusahaan. Fungsi SDM, SDM merupakan departemen atau divisi
di dalam organisasi yang
bertanggungjawab atas banyak kegiatan yang
berhubungan dengan SDM.
2.4 Sistem Informasi Keuangan
Sistem Informasi Keuangan merupakan suatu
subsistem dari CBIS yang memberikan informasi kepada orang atau kelompok baik
di dalam maupun di luar perusahaan mengenai masalah keuangan perusahaan.
2.5 Manajemen Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan perorangan dan
organisasi yang memudahkan dan
mempercepat hubungan pertukaran dalam lingkungan yang dinamis melalui
penciptaan, pendistribusian, promosi dan penentuan harga barang, jasa dan
gagasan.
BAB III PEMBAHASAN
3.1 Tinjauan Perusahaan
3.1.1
Beridirinya Perusahaan
Lantaidua.caffe ini berdiri sejak tanggal
10 November 2017. Sebelumnya berdiri calypso di Jl. Sindang barang loji dan
Kapilla Caffe di Jl. Raya cibadak ciampea. Lantaidua.caffe ini cabang ketiga
dari perusahaan caffe tersebut.
3.1.2
Visi dan Misi Perusahaan
3.1.2.1 Membuat
banyak orang lebih tau tentang varian rasa kopi
3.1.2.2 Mempermudah jangkauan customer untuk
tempat nongkrong
3.1.3 Struktur Organisasi
3.1.4 Tugas dan Tanggung Jawab Struktur Organisasi
3.1.4.1 Owner
Menerima dan mengesahkan laporan keungan
3.1.4.2 Barista
Membuat dan mencari varian menu baru.
3.1.4.3 Marketing
Memanage Keuangan.
3.1.4.4 Kitchen
Membuat pesanan yang
dipesan oleh costamer dan mengecek kehigienisan.
3.1.4.5 Waiter
Melayani dan menjaga kebersihan outlet
3.2
Prosedur Sistem berjalan
3.2.1
Manajemen Perusahaan
3.2.1.1 Mengebangkan Teknologi
Dalam memberikan untuk kenyamanan
pelanggan lantaidua.caffe ini dimana fasilitas outlet menyediakan : AC,
televisi, stop kontak, sound music, ruangan merokok.
3.2.1.2 Pelatihan
Pealtihan untuk karyawan, barista dan
kasir agar dapat menghasilkan tenaga yag mahir, handal dan berpengalaman dan
pelatihan dari kitchen, kitchen waiater barista agar bisa menguasai dari semua
pembagian tugas, guna memastikan terwujudnya kenyamanan bagi pengunjung dan
pelanggan lantaidua.coffe.
3.2.1.3 Memberikan
Pelayanan Terbaik
Pelayanan yang baik untuk pelanggan Outlet
yaitu pelayanan prima serta penampilan menarik dan tidak luput dari ikap rama
tamah dan sopan keepada semua pelanggan yang datang.
3.2.1.4 Kemampuan
Manajerial dan Permasaran
Tanpa pelayanan yang baik dan
profesionalisme kerja dari staffnya, prosedur dan pelaksanaanya tidak akan
mungkin dapat memenuhi keinginan pelanggan. Untuk itu lantaidua.coffe selalu
menjaga kekompakan semisal hari jumat berpakaian batik dan pelaggan yang
menggunakan batik akan mendapat diskon 15% dari all menu dan hari sabtu bagi
pengunjung wanita dikenakan diskon 15% all menu.
3.3 Analisa Sistem Informasi Manajemen
Penjualan Lantaidua.coffe
3.3.1 Komponen
Costumer, Kasir, Barista,
Owner.
3.3.2
Lingkungan Luar
Pelanggan
dan Teman.
3.3.3
Jalinan
3.3.3.1 Pelanggan
ke Kasir
Memesan makanan atau minuman serta
melakukan pebayaran (tunai dan non tunai).
3.3.3.1.1 Mendapatkan bill attau struk pembelian.
3.3.3.2 Kasir
ke Barista
Mendelegasikan pesanan ke barista yang dipessan oleh pelanggan.
3.3.3.3 Barista
di Bar
Membuat
makanan atau minuman yang dipesan oleh pelanggan.
3.3.3.4 Barista
ke Pelanggan
Memberikan pesanan yang
telah siap dan diletakkan di meja costumer.
3.3.3.5 Pelanggan
di Outlet
Menikmati makanan atau
minuman yang dipesan atau bisa dibawa pulang dan bisa ngobrol tentang kopi
dengan barista jika outlet sedang tidak banyak pesanan atau pengunjung.
3.3.3.6 Proses
3.3.3.6.1
Pelanggan datang, memesan makanan atau
minuman di kasir, menentukan pesanan apakah ingin makan di tempat atau dibawa
pulang
3.3.3.6.2
Kasir mmendelegasikan kepada barista untuk
membuat pesanan pelanggan.
3.3.3.6.3
Setelah barista atau kitchen meyelesaika
pesanan lalu membawa pesanan ke meja pelanggan.
3.3.3.6.4
Pelanggan dapat menikmati pesanan di
outlet atau dibawa pulang.
3.3.3.7 Keluaran
Struk
pembelian (makanan atau minuman).
3.3.3.8 Tujuan
Untuk memudahkan dalam
memesan menu yang tersedia saat proses pemesanan atau pembayaran.
3.3.4 Fasislitas outlet
3.3.4.1 Meja
dan Kursi
3.3.4.2 Stopkontak
3.3.4.3 Free
Wifi
3.3.4.4 Full
AC
3.3.4.5 Kipas
3.3.4.6 Televisi
3.3.4.7 Sound
Music
3.3.4.8 Smooking
Area
3.3.4.9 Non
Smooking Area
3.3.4.10 Buku
Baca
3.4
Permasalahan
3.4.1 Dari marketing bagaimana cara membuat promosi agar lebih menarik.
3.4.3 Tempat yang masih barru dan belu banyak
orag tau.
3.4.3 Kendala dari mesin kasih
3.4.4 Wifi terkadang error
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Pada sistem informasi manajemen sangat
dibutuhkan, karena pada dasarnya sistem yang terkomunikasi dan termanajemen
akan menghasilkan sebuah tujuan yang akan dicapai oleh sebuah organisasi atau
perusahaan. Dimana dalam sebuah perusahaan sangat membutuhkan sistem informasi
manajemen yaitu untuk memenuhi kebutuhan perusahaan atau pun mememnuhi
kebutuhan costumer. Dari kebutuhan ini terdapat sumber daya manusianya dalam
anggotanya. Artinya dari sumber daya ini perusahaan dapat menetapkan sumber
daya manusianya di peprusahaan tersebut sesuai dengan kemampuan.
Sistem informasi manajemen (SIM) adalah
suatu system manusia dan mesin yang terpadu yang menyediakan informasi untuk
mendukung fungsi-fungsi operasi manajemen da pengambilan keputusan di dalalm
organisasi. Sistem informasi manajemen digambarkan sebagai sebuah bangunan
piramida dimana lapisan dasarnya teridiri dari informasi, penjelasan transaksi,
penjelasan status, dan sebagainya. Lapisan berikutnya terdiri dari sumber-sumber
informasi dalam mendukung operasi manajemen sehari-hari. Lapisan selanjutya
terdiri dari suber daya informasi untuk membantu perencanaan taktis dan
pengsmbilan keputusan untuk pengendalian manajemen. Lapisan puncak terdiri dari
suber daya informasi untuk mendukung perrencanaan dan perumusahan kebijakan
oleh tingkat manajemen.
4.2 Saran
Pembuatan makalah ini sangat jauh dari
ksempurna, karena keterbatan sumber yang kami proleh. Sehingga isi dari makalah ini masih bersifat umum,
oleh karena itu kami harapkan agar pembaca bisa mencari sumber yang lain guna
membandingkan dengan pembahasan yang kami buat, guna mengoreksi bila terjadi
kesalahan atau kekeliruan dalam pembuatalan makalah ini.
4.3 Lampiran
DAFTAR
PUSTAKA
Modul
BSI sistem informasi manajemen
[1] http://sisteminformasimanajemensim.blogspot.com/p/kajian-teori.html?m=1 sistem menurut para ahli
[2] http://sisteminformasimanajemensim.blogspot.com/p/kajian-teori.html?m=1 informasi menurut para ahli.
[3] http://sisteminformasimanajemensim.blogspot.com/p/kajian-teori.html?m=1
manajemen menurut para ahi
[4] http://jurnalmanajemen.com/pengertian-sistem-informasi-manajemen/ sistem infomasi manajemen menurut para
ahli.
[5] http://dosenit.com/kuliah-it/sistem-informasi/perngertian-sistem-informasi-manajemen-menurut-para-ahli sistem infomasi manajemen menurut para ahli.
[6] http://dosenit.com/kuliah-it/sistem-informasi/perngertian-sistem-informasi-manajemen-menurut-para-ahli sitem infomasi manajemen menurut para ahli.
Komentar
Posting Komentar